Air Terjun Kali-Pancur
Air Terjun Kali-Pancur

Sebelum traveling ke Semarang, simak dahulu obyek wisata Semarang terpopuler sebagai referensi Anda.

Simpang Lima
sumber : wikipedia.com

Selain kota Yogyakarta, Semarang bisa menjadi alternative destinasi wisata menarik di Jawa Tengah. Ini karena obyek wisata Semarang tersedia cukup komplit, mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, sampai lokasi berburu foto Instagramable.

Jika Anda merencanakan untuk melancong ke Semarang di musim liburan tahun ini, ketahui dulu rekomendasi objek wisata paling populer berikut ini.

Daftar Obyek Wisata Paling Diminati Di Semarang

Daripada bingung menentukan tujuan wisata di kawasan tersebut, inilah beberapa referensi menarik yang bisa Anda coba.

Lawang Sewu

Lawang Sewu
Sumber : Instagram.com @ignatius.evan

Inilah icon wisata Kota Semarang yang tak boleh terlewatkan untuk dikunjungi. Dinamakan Lawang Sewu karena banyaknya pintu yang terdapat di bekas Gedung KDARI (Kantor Djawatan Kereta Api Indonesia) itu.

Kegiatan liburan yang dapat dilakukan di sini adalah melihat-lihat berbagai jenis miniatur gerbong serta lokomotif kuno sebagai wisata edukasi. Selain itu Anda juga bisa mempelajari sejarah perkeretaapian Indonesia yang disajikan dalam format video.

Walaupun bersuasana sedikit mistis, tetapi keindahan arsitektur klasik gedung Lawang Sewu ini memang tak terbantahkan. Jadi jangan lewatkan untuk mengambil gambar di tempat ini, terutama di aula utama yang dipenuhi kaca mosaik warna-warni.

Gedung ini juga cukup laris sebagai lokasi pemotretan prewed untuk calon pengantin yang ingin difoto dengan konsep vintage ala Eropa .

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo
Sumber : Sinatgram.com @novana29

Sesuai namanya, kompleks candi ini mempunyai 9 bangunan yang didirikan  sekitar tahun 927 Masehi. Gedong Songo adalah salah satu obyek wisata Semarang Ungaran yang banyak dikunjungi saat liburan. 

Berada di ketinggian 1200 mdpl, lokasi wisata ini juga menyuguhkan panorama pegunungan yang menyejukkan mata.

Alternative aktivitas wisata lainnya yang dapat dilakukan setelah puas menjelajahi kompleks candi adalah berkuda atau berendam di kolam air panas alami.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Tempat Wisata Solo yang Populer

Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur
Sumber : Instagram.com @ho_ho_115

Inilah tempat berlibur yang cocok bagi penyuka wisata alam seperti Anda. Air terjun yang berada di kabupaten Semarang ini berada di punggung Gunung Telomoyo. Untuk menuju lokasi Anda harus trekking ringan sejauh 1 km melintasi hutan.

Rasa lelah Anda dijamin akan terbayar saat tiba di lokasi air terjun berketinggian 100 meter ini dengan pemandangannya yang menakjubkan. Di sana Anda juga bisa melihat dari dekat burung-burung walet yang berumah di gua-gua kecil di sekitarnya.

Ayanaz Gedong Songo

Ayanaz Gedong Songo
Sumber : Instagram.com @sam_mix16

Ayanaz Gedong Songo adalah obyek wisata kekinian yang banyak diburu anak muda pemburu foto terbaik untuk diunggah ke media social. Jika cita-cita Anda traveling ke Kapadokia belum terwujud, coba saja dulu berkunjung ke tempat wisata ini. 

Di sini pengunjung juga bisa berfoto dengan latar belakang balon udara, persis seperti di kota yang berada di Turki itu. Pengelola juga menyediakan bubble tent yang dapat dinikmati dengan merogoh kocek Rp 5.000,00 saja. 

Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia
Sumber : instagram.com @shabillamrgynti

Inilah taman di Semarang yang popularitasnya semakin meroket, terutama di kalangan anak muda. Menariknya disini Anda bisa mengunjungi 3 objek wisata sekaligus dalam satu area taman. Di Taman Celosia 1 Anda dapat berjalan-jalan sambil melihat cantiknya rerimbunan bunga Celosia.

Sementara di Taman Celosia 2 Anda bisa menjelajahi Little Italy, New Little Korea, White Marine Park, dan Rural Japanese. Berikutnya, di Taman Celosia 3 ada Little Amsterdam, Taman Lampion, serta Lorong Tanpa Batas untuk mengambil foto pada spot bermandikan cahaya.

Kota Lama Semarang (Simpang Lima)

Obyek wisata ini kerap dijuluki Little Netherland karena dikelilingi oleh gedung dan rumah tua berarsitektur khas Eropa. Kawasan Simpang Lima ini dahulu di zaman Belanda menjadi pusat perdagangan sehingga banyak bermukim warga negara asing.

Bangunan kuno paling ikonik di tempat ini adalah Susteran Ordo Fransiskan dan Gereja Blenduk yang  sudah berusia 1 abad. Meski demikian gedung yang masih kokoh berdiri ini tetap difungsikan sebagai tempat ibadah.

Wana Wisata Curug Semirang

Wana Wisata Curug Semirang
Sumber : instagram.com @keypayy

Jika sudah bosan berenang di kolam renang modern atau waterpark, ada objek wisata alam Curug Semirang yang dapat menjadi opsi menarik. Di bagian tengah tempat wisata hutan pinus Semarang ini terdapat kolam alami berair jernih dari sumber Curug Semirang.

Benar-benar destinasi wisata alam dengan kemewahan luar biasa bagi mereka yang setiap hari berkutat dengan kehidupan perkotaan yang super sibuk.

Pasar Semawis

Saat berkunjung ke Semarang, jangan lewatkan berwisata kuliner di Pasar Semawis. Walaupun dalam wilayah kampung Pecinan hidangan yang disajikan di sini tidak melulu masakan Cina. Anda juga dapat menikmati masakan tradisional Semarang atau kuliner-kuliner modern.

Anda bisa mencicipi pisang plenet, serabi, berbagai jenis sate, nasi ayam khas Semarang, sampai menu steamboat.  Lokasi wisata kuliner ini hanya buka 3 hari dalam seminggu, yaitu mulai hari Jumat sampai Minggu.Demikian informasi obyek wisata Semarang populer yang dapat Anda kunjungi. Semoga menginspirasi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here